I want to be Moslem Millionare ♥

Keluh Kesan jadi Customer Services Representative

Kalo aku lagi ngumpul sama teman-teman atau habis post foto di Medsos saat lagi nongki atau ducan,
pasti sering deh ada yang komen , "enak kayaknya kerja kamu ya tika sering banget jalan-jalan, sering juga ngumpul bareng".

Aku sih respon nya simple "Iyah Alhamdulillah nih"

HAHAHAHA

Kalian memang ngeliatnya senang-senang aja karena kan gue gak ada Ngpost saat-saat terpuruk wkwkwkw, soalnya bukannya gak mau share tapi gak sempat take a moment.

Banyak pengalaman yang bisa aku dapat dari Customer Services, aku rasa posisi pekerjaan jadi Customer Services bisa jadi ARTIS. Why? kita mesti jago akting :D artinya mau Mood lagi buruk atau baik teteup aja senyum :) , dibentak teteup senyum, dimarah teteup senyum, dipuji apalagi senyum kuadrat mekar hidung dibuatnya.

Aku salah satu CSR di Provider terbesar di Indonesia alias Provider plat merah. Pengalaman aku sih baru 1.5th (saat aku nulis ini di memo hp), yah Alhamdulillah sudah cukup banyak case yang aku handle karena tiada yang kebetulan entah kenapa aku sering banget dapat CASE ☹️☹️☹️  dan harus terus belajar. Karena APA??
Kita harus tetap terus belajar soalnya bidang telekomunikasi ini sangat cepat sekali perkembangan nya di jaman NOW kayak gini. Soo, apa yang kalian katakan hari ini belum tentu sama dengan hari esok (ini nih salah satu yang ngundang komplain). wkwkwk

Buat para regenerasi Customer Services Provider, ambilah peluang saat kalian menjadi CS. Kenali relasi sebanyak-banyak nya, kalo bisa nabung juga sebanyak-banyaknya karena menjadi CS tidak memiliki jenjang karir. Tapi pengalaman Luarrrr biasa yang bisa kalian dapatkan.
buat adik-adik juga jangan cepat nyerah ketika dapat suatu case yang berat karena percaya saja setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Kemudian jangan mau jadi "Biasa" , jadi kalian bisa nunjukin nih value kalian ada dimana. misalnya di penjualan, problem solving atau kalian pengambil keputusan atau juga pemberi ide terbaik. Karena itu bisa jadi bekal kalian untuk bekerja di tempat yang lain.
Dan intinya juga jangan pernah nolak ketika dikasih kepercayaan, yaah kepercayaan dalam hal apapun itu, karena dengan hal itu jiuga bisa menambah kedewasaan dan perkembangan untuk diri kalian.

Nah, kalo untuk tes jadi CS kalo ditanya susah apa enggak ?
yaah tahapan nya biasa saja sama dengan melamar kerja di perusahaan swasta lainnya.
1. Tes Tertulis ini pengetahunan umum sama bahasa bahasa inggris
2. Tes Psikotes ini ada Tes Logika sama Tes Menggambar
3. Wawancara ini biasanya dari Tim rekrutment meminta kita memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris.

Semangatt buat para regenerasi Customer Services .. salam Services Excelent 😽

nb : aku baru sempat nulis ini, karena kebetulan buka memo hp dan lagi buka laptop sebenrnya tulisan ini udah aku tulis di memo HP sejak 26/9/2018
Share: